Semoga Tetap Tabah

DSC_0681

Ummat Islam berwudhu untuk shalat Jumat dalam Aksi 212 di Silang Monas, Jakarta Pusat.  Foto: SUANDRIANSAH

Forum Umat Islam (FUI) kembali menggulirkan aksi. Sekjen FUI KH Muhammad Al Khaththath mengklaim, aksi dengan kode cantik 313 ini akan diikuti 100 ribu massa berbagai daerah.

Rangkaiannya sama seperti aksi-aksi dahulunya, lepas Jumat di Istiqlal, massa akan bergerak ke Istana Merdeka. Banyak yang menganggap aksi ini begitu kental aroma politiknya, mengingat dua pekan berikutnya pencoblosan untuk kursi gubernur DKI akan kembali digelar.

FUI mengklaim hanya menuntut Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dicopot dari tahtanya-padahal saat ini Ahok sudah nonaktif dari gubernur akibat kampanye putaran kedua.

Soal hukum, Ahok juga sedang dibelit agenda sidang akibat ucapannya menyoal agama dengan begitu serampang. Memaksa presiden menahan Ahok juga tidak etis, ini akan menjadi bentuk intervensi hukum, tidak konsisten dengan tuntutan aksi-aksi bela Islam sebelumnya.

Strategi ini, selain tidak terlalu efektif, juga tidak begitu menuai banyak buah, selain debat dan kontroversi. Pemenangan politik lewat aksi jalanan pun saat ini tak begitu menggembirakan. Kehadiran media sosial dan teknologi membuat politikus dan simpatisan beralih ke ranah kreatif.

Kita berharap, semoga ummat tidak lelah. Berkali-kali demo, semoga tidak berkali kali ummat kalah. Mengingat setiap wacana aksi jalanan, ummat selalu menjadi pihak yang-dituduh-bersalah.

Perlu diingat, jalan politik Islam di Indonesia masih begitu panjang. Nafas juang ummat perlu dijaga, pilkada ibu kota memang berat, namun bukan berarti semua amunisi dihabiskan. Ada pepatah nila setitik rusak susu sebelanga. Hati-hati salah langkah. Semoga, ummat Islam tetap tabah.

©Suandri Ansah
Jakarta | Maret 2017, 31

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s