Berebut Kefanaan

semar-berebut-kefanaan

Pencoblosan telah dilaksanakan, kini masyarakat dinaungi perasaan deg-degan menunggu keputusan siapakah yang akan menjadi pemimpin daerahnya di masa depan. Komisi Pemilihan Umum kini tengah melakukan penghitungan, angka-angka suara tengah menjadi fokus perhatian.

Sementara itu, berbagai lembaga survei sudah lebih dulu memutuskan, lewat prediksi yang dinamakan hitung cepat dan berbagai metode lainnya. Hasil lembaga ini, kelak menjadi pegangan peserta Pilkada mengatur strategi lanjutan. Bagi publik, ini juga menjadi sorotan, meski nampaknya lebih banyak berakhir ngotot-ngototan.

Dalam hal Pilkada DKI Jakarta, agaknya berlangsung dua putaran, menilik hasil lembaga survei bahwa tidak ada calon yang memenuhi 50 persen tambah 1. Dua paslon, Basuki-Djarot dan Anies-Sandi, menilik lagi hasil hitung cepat, dipastikan melaju ke konstelasi selanjutnya. Ucapkan selamat tinggal kepada Agus-Sylvi.

Mesin-mesin politik dua kubu mulai berputar, merancang strategi mengeruk pundi-pundi suara untuk putaran kedua, utamanya suara paslon Agus-Sylvi yang kini menjadi target seksi. Angka (sekitar) 17 persen yang kini begitu berarti. Pedekate mulai dilakui. Di tingkat elit, mulai konsolidasi-silaturahim sana-sini.

Tak lupa, di era teknologi canggih ini pasukan siber mulai dikomandoi. Buzzer-buzzer politik kembali bergetar, menderu. Layaknya mesin yang beroperasi, bisingnya kembali mempolusi ruang-ruang mata dan pendengaran. Seringkali juga menyebar ranjau-ranjau kebohongan. Apa saja dilakukan.

Namun demikian, patut dicatat. Pilkada adalah hal yang fana, buzzer-buzzer sesuatu yang mudah sirna. Jangan sampai konstelasi perebutan tahta menghilangkan sifat dan sikap sebagai manusia yang beretika dan beragama. Rebutlah suara-suara dengan cara mulia. Kelak suara-suara itu akan dipertanggungjawabkan.©

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s